Monday, June 23, 2014

Tips Mengetahui Telur Burung Kenari Isi atau Kosong ?

Informasi Halaman :
Author : Wantoro Kota Pasuruan.
Judul Artikel : Tips Mengetahui Telur Burung Kenari Isi atau Kosong ?
URL : https://papburipasuruan.blogspot.com/2014/06/tips-mengetahui-telur-burung-kenari-isi.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!
Bila kita sudah bisa memastikan telur burung kenari isi atau kosong jauh hari sebelumnya, maka kita sudah bisa memastikan bahwa hanya telur burung kenari yang isi sajalah yang dierami induk burung kenari, sedang telur yang kosong sudah kita buang. Hal ini akan menghemat waktu dan tempat karena jumlah telur yang dierami pun akan ideal dan hasilnya pun akan optimal dengan prosentase menetas sangat tinggi (tentu saja jika tidak ada kendala atau faktor x ).
Nah, lantas sejak kapan kita bisa mengetahui bahwa telur burung kenari tersebut isi atau kosong? Dan bagaimana cara mengetahuinya?

Caranya adalah :
Dengan menerawangkan telur tersebut dengan menggunakan lampu senter dengan arah sinar menuju ke wajah/muka kita. Dengan hati-hati telur burung kenari kita pegang dengan jari jempol dan telunjuk  tangan kiri, lalu kita sorot menggunakan lampu senter dari arah belakang.

  • Jika setelah disinari lampu senter telur burung kenari nampak BENING, JERNIH,TERANG atau hanya nampak ada bulatan kuning telurnya maka dipastikan telur tersebut kosong atau tidak ada benihnya sehingga jika dierami sampai kapan pun tidak akan menetas.
  • Jika setelah disinari lampu senter telur burung kenari nampak KERUH, MERAH, ADA BENANG/SERAT MERAH, GELAP  maka dipastikan telur burung kenari tersebut isi dan bisa dilanjutkan dieramkan induk burung kenari karena ada harapan nanti menetas (meski tidak 100%).
Agar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini :
Nah, gambar pertama adalah telur burung kenari yang kosong atau tidak ada isi/benih (embrio)nya. Nih, percuma kalau dierami sampai kapan pun ya nggak akan menetas. 

Kalau gambar kedua tuh kelihatan keruh,agak merah ada "sesuatu"nya.Kalau telur ini dierami tentu ada kemungkinan menetas.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.papburipasuruan.com

0 comments:

Post a Comment